Penyebab Kesemutan Pada Pergelangan Tangan

Apakah Anda sering mengalami kesemutan pada pergelangan tangan? Jika iya itu bisa terjadi karena beberapa sebab. Sebaiknya ketahui beberapa Penyebab Kesemutan Pada Pergelangan Tangan agar secepatnya mendapatkan tindakan pengobatan.


Apa Itu Kesemutan?

Kesemutan, atau dalam istilah medis disebut denan parestesia adalah suatu sensasi yang dirasakan tanpa ada stimulus dari luar. Sensasi parestesi ini tidak hanya rasa kesemutan namun juga bisa terasa panas, rasa seperti tertusuk-tusuk. Rasa kesemutan dapat terjadi pada beberapa bagian tubuh dimulai dari wajah, kaki dan tangan.

Dan apa penyebab pergelangan tangan mengalami kesemutan?

Kesemutan terjadi jika syaraf dan pembuluh darah mengalami tekanan. Umumnya kesemutan akan mereda jika bagian tubuh yang mengalaminya digerakkan. Jika keluhan kesemutan muncul setelah tidur pada sisi kanan/kiri, kemungkinan karena tangan Anda tertekan, cobalah tidur dengan posisi terlentang untuk menghindari tekanan pada bagian tubuh tertentu. 

Penyebab lain dari kesemutan dapat terjadi akibat dari gangguan pada saraf tepi, otot, sumsum tulang belakang, atau bahkan otak. Penyebab kesemutan akibat penyakit lain diantaranya adalah diabetes melitus, Carpal Tunnel Syndrome, gangguan jantung, dan rematik. Carpal Tunnel Syndrome (CTS) adalah penyebab tersering gangguan syaraf pada tangan yang gejala utamnya adalah kesemutan dan nyeri, terutama pada 3 jari terluar (kelingking, jari manis, jari tengah). Salah satu faktor risiko CTS adalah gerakan tangan berulang seperti menggenggam/menyetir, mengetik, serta postur kerja statis dan tidak ergonomis.

Nah, semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Jaga kesehatan dan pola hidup dari sekarang sebelum semuanya terlambat.

- Penyebab Kesemutan Pada Pergelangan Tangan -

0 Response to "Penyebab Kesemutan Pada Pergelangan Tangan"

Posting Komentar